Mengulas Varian Dari Gula Kristal Putih

Gula kristal putih dikenal sebagai gula putih di masyarakat. Memiliki kegunaan yang cukup banyak. Mulai dari membuat olahan makanan, hingga olahan minuman. Berbagai macam varian bisa dicampur dengan gula kristal putih. Melihat dari proses produksinya, ternyata gula kristal putih memiliki beberapa varian. Apa saja varian dari gula Kristal Putih tersebut? berikut ulasan singkatnya. Antara lain :

  • GKP 1

GKP 1 bermakna gula kristal putih dengan grade pertama. Memiliki nilai ICUMSA 200-300. Nilai tersebut ditandai dengan warna yang putih bersih. Serta butiran kristal yang lebih kecil dan cenderung halus. Selain itu, warna kristal juga harus 90% untuk ukuran grade gula kristal putih ini.

  • GKP 2

Untuk gula kristal putih grade kedua ini, memiliki nilai ICUMSA 300-400. Untuk grade ini warna kristal yang harus dipenuhi adalah 65%. Agar bisa masuk standar SNI. Selain itu juga agar dapat memudahkan dalam membedakan dengan gula kristal lain.

  • GKP 3

Untuk gula kristal putih grade ketiga, memiliki nilai ICUMSA 400–450. Pada varian grade ketiga ini, memliki warna sedikit kecoklatan. Selain itu juga syarat lain yang harus di penuhi. Yakni warna kristalnya harus 60%.

  • GKP 4

Pada jenis gula grade keempat ini nilai ICUMSA 475-500. Dengan warna kristal 55%. Sehingga warnanya cenderung kecoklatan.

  • GKP 5

Gula kristal putih grade terakhir yang kelima memiliki warna kecoklatan. Dengan nilai ICUMSA 525-550. Selain itu, warna kristal 50% dan cenderung rasanya lebih manis.

Beberapa varian gula kristal putih tersebut, dikelompokkan berdasarkan grade nya. Agar bisa membedakan karakteristik dari gula yang akan dibeli. Dengan menggunakan teknik sulfitasi, gula yang dihasilkan akan lebih putih bersih. Tidak berwarna kecoklatan seperti GKP 1. Semakin warnanya kecoklatan, maka semakin manis pula rasa gula tersebut. ini dikarenakan campuran yang digunakan untuk memutihkan tidak terlalu banyak kadarnya. Sseperti GKP 5. Dikelompokkannya gula kristal putih tersebut, berdasarkan dari hasil produksi gula tebu yang diproses. Dimana tebu digiling. Pengelompokan tersebut, juga untuk memudahkan untuk membagi segmen pasar. Dalam distribusi gula kristal putih untuk memenuhi kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.